Wednesday, 7 December 2011

4 Kebiasaan Yang Sebaiknya Dihindari di Tempat Tidur Anda


Halo sob..Ada pepatah yang mengatakan "dapatkan kesehatan yang baik dengan cara tidur yang cukup." Memang kalau dipikir-pikir, kamar tidur, khususnya ranjang adalah bagian penting dari keseharian kita sebagai tempat untuk beristirahat maupun bercengkrama. Tidur sangat penting bagi kesehatan, untuk memulihkan tubuh dan pikiran dari aktivitas sehari-hari. Kesehatan yang baik adalah karunia yang paling berharga bagi kita semua.

Lihatlah betapa mahalnya harga kesehatan di zaman sekarang ini. Kebiasaan yang baik di kamar tidur, sangat membantu nilai maksimal istirahat yang diperoleh tubuh. Kasur yang keempukannya tepat yang nyaman menopang tubuh, bantal-bantal yang besar kecilnya tepat untuk menyangga kepala selama tidur, serta posisi tidur yang baik, adalah hal-hal yang sudah kita maklumi dapat membantu memaksimalkan kualitas tidur kita, sehingga mendapatkan kesehatan yang baik.

Namun ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang umumnya, yang sebaiknya kita hindari di ranjang kita.

1. Hindari tidur dengan hewan peliharaan

Kebiasaan tidur dengan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, sangat umum dilakukan oleh penyayang binatang. Padahal sebaiknya kebiasaan membawa hewan peliharaan untuk tidur di atas ranjang itu dihindarkan. Biarkan hewan peliharaan tidur di tempatnya, bukan di kasur anda apalagi kalau sampai dibiasakan tidur bersama anda setiap hari maka sudah waktunya mulai anda stop. Sudah banyak penelitian medis yang membuktikan bulu-bulu hewan peliharaan dapat merupakan faktor yang memperburuk kesehatan anda.


2. Hindari makan, minum atau ngemil di tempat tidur

Pada beberapa orang tertentu sangat menikmati makan atau minum di tempat tidur. Ada kebiasaan orang memanjakan pasangan sarapan di tempat tidur. Ada pula orang yang terbiasa makan camilan seperti snacks apalagi dinikmati sambil nonton TV di atas tempat tidur. Kebiasaan makan minum di tempat tidur ini sebaiknya dihindari. Selain dari segi kebersihan membuat tempat tidur, atau seprei kotor, juga penelitian medis sudah banyak menunjukkan kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan. Posisi makan yang mungkin diawali dalam posisi duduk di sangga bantal, lama-lama secara tidak sadar akan berubah menjadi posisi berbaring, sementara itu mulut masih makan. Makanan akan masuk ke dalam lambung dalam posisi yang tidak baik untuk lambung dan lama kelamaan akan menimbulkan gangguan saluran pencernaan. Jadi kebiasaan makan, minum atau ngemil di tempat tidur sudah waktunya dihindari demi kesehatan.


3. Hindari kebiasaan tidur dengan gadgets disamping anda.



Pernahkah anda baru saja beberapa jam tidur, lalu terbangun karena seseorang menelpon anda kemudian anda susah meneruskan kembali tidur ? Demi mendapatkan istirahat tidur yang maksimal, para dokter sekarang merekomendasikan untuk tidak membawa alat elektronik atau gadgets ke kamar tidur. Jadikan waktu tidur merupakan waktu yang sempurna untuk istirahat demi kesehatan.



4. Hindari kebiasaan membiarkan anak tidur seranjang dengan orang tua, atau mulai disiplinkan putera puteri kecil anda untuk tidur sendiri.

Masalah tidur bersama anak, bukan masalah mudah dirubah oleh sebagian orangtua. Ada banyak anak yang takut tidur sendiri, dan akhirnya terbiasa tidur bersama orangtuanya. Sebaiknya anak-anak mulai dibiasakan untuk berani tidur sendiri, secara bertahap ajari mereka. Salah satu cara yang bijaksana adalah bertahap menjauhkan putera puteri dari ranjang anda, misalnya dengan cara anda ikut mengantar tidurnya si kecil di kamarnya. Banyak kiat dari orangtua dalam hal membiasakan anak tidur sendiri. Namun yang paling penting dari setiap aturan itu terapkan pada anak secara pelan-pelan. Bila anak masih tetap takut, ajarkan mereka bahwa tiap saat mereka bisa bergabung ke ranjang anda, namun dengan aturan tidak boleh membangunkan ayah ibu yang sedang tidur. Artinya anak yang belum berani tidur sendiri bila dia terbangun di tengah malam, setiap saat bila dia merasa takut kita perbolehkan untuk bergabung, namun harus ditekankan tanpa membangunkan orangtuanya yang sedang tidur. Karena kebiasaan anak membangunkan orangtua di tengah tidur ini adalah kebiasaan yang kurang baik dan akan mempengaruhi kualitas tidur para orangtua. Berikan kasih sayang pada anak namun dengan aturan yang seimbang agar orangtua pun tetap dapat menikmati istirahat tidur yang maksimal.


Hindari keempat kebisaan di atas, dan dapatkan kualitas tidur yang cukup agar kesehatan bisa anda rawat dengan sebaik-baiknya.


4 komentar:

Bisnis Online Blog said...

Kalau saya biasanya di bawah bantal ada hp buat alarm shalat atau kalau nggak jam weker.Terimakasih infonya sob.

panduan belajar blog said...

dulu saya sering mendengarkan musik lewat headset sebelum tidur. hal ini memang sangat buruk karena kadang saya lupa untuk mematikan musik sampai saya tertidur pulas. akibatnya, ponsel menjadi terlindas2 tubuh dan baterainya habis tanpa diketahui.

Galank rendy eugene krab said...

dulu saya juga sering mendengarkan musik lewat headset sebagai pengantar tidur, dengan volume yang sangat keras dan apalagi musik metal..setelah satu minggu, saya mengalami gangguan pendengaran ringan, dan menjadi mudah pusing..nice info

baca buku online said...

ada lagi yang kelima mas... jangan sekali-kali/ dilarang keras tidur bersama kekasih gelap.. HARAM hukumnya ato bisa2 digebukin massa krn ketahuan pak Hansip hee..hee.. salam

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons